"Terkadang hal-hal sederhana seperti senyuman,sapaan 'halo' itu jauh lebih baik daripada "idealisme-idealisme rohani" yang orientasinya adalah diri sendiri,punya maksud-maksud tertentu,tanpa/minim kasih dan yang tidak pernah di aplikasikan sehingga orang lain bosan & muak mendengarnya"

Sunday, June 23, 2013

Bagaimana Melakukan Stem Sebuah Gitar

Hai, apakah Kamu sudah membeli gitar pertama mu ? kalau sudah, saya mengucapkan selamat karena kamu sudah mendapat gitar pertama kamu ^_^ ..
Kalau belum, dan mungkin kamu pingin membeli sebuah Gitar tapi bingung mau beli gitar yang bagaimana, kamu bisa membaca sharing pengalaman saya disini.
Jangan lupa kamu juga harus rajin bertanya sama teman" kamu yang mengerti Gitar, karena masalah seni itu kadang masalah perspektif, masalah rasa, akan tetapi pedoman umumnya adalah sama.

Dan yang paling penting adalah bukan apa kata orang lain, tetapi apa yang kamu rasakan itu yang paling penting, kenapa ? karena kan kamu yang akan memegang Gitar itu nantinya, jadi terimalah masukan orang lain tapi kesimpulan sebaiknya kamu sendiri yang menentukan sesuai dengan apa yang kamu rasakan.

Setelah kamu punya sebuah Gitar, tentunya sebelum kamu dapat menggunakannya, kamu harus men-stem (menyetel) gitar kamu terlebih dahulu. Kenapa ? supaya senar/string gitar kamu mengeluarkan nada yang seharusnya tidak 'cacat' suara hehehe....
Disini saya akan membagikan 2 metode umum untuk melakukan stem gitar.

Dengan Menggunakan Guitar Tuner
Ada banyak sekali jenis Guitar Tuner, ada yang sudah built in bawaan gitarnya, ada juga yang tidak. Coba cek Gitar kamu, apakah sudah ada Tunernya nggak ? kalau ada, seperti gambar dibawah ini :


Biasanya Tuner bawaan, dapat kamu lihat berada disamping gitar, coba kamu cek di gitar kamu. Kalau ada, maka kamu tidak perlu lagi beli Guitar Tuner. Kamu dapat langsung pakai. Gimana cara pakainya ? Cara pakainya nanti dibawah, karena cara pakainya sama dengan menggunakan Guitar Tuner yang lain.

Nah, apabila gitar yang kamu beli tidak ada tunernya, maka jangan khawatir, kamu bisa beli guitar tuner yang lain misalnya :


Tuner yang sebelah kiri ini merknya KORG, harganya relatif murah, seingat saya dibawah 100 ribu. Cara pakainya kamu nyalakan alatnya, lalu kamu dekatkan dengan lubang suara (guitar hole) gitar, lalu kamu petik senar kamu satu persatu, maka akan muncul kode di layar alat tersebut. Penjelasan selengkapnya dibawah. 

Nah kalau untuk tuner yang disamping ini,
kamu jepit diujung gitar (ujung gitar tahu kan ya ..), lalu kamu bunyikan senar satu persatu, maka akan muncul kode dilayar tersebut.
Nah sekarang kode tersebut apa maksudnya ?
Begini, kita tahu senar gitar terdiri atas 6 senar, dan setiap senar saat dibunyikan dalam keadaan 'open string' (open string ini masksudnya kamu bunyikan senar tanpa menekan apa-apa di fret gitar ) akan menghasilkan nada yang berbeda.

Panduan umum untuk ke-6 string tersebut adalah :
Senar ke 6(senar yang paling tebal) akan ber-nada 'Low  E',
Senar ke 5 akan ber-nada 'A',
Senar ke 4 akan ber-nada 'D',
Senar ke 3 akan bernada 'G',
Senar ke 2 akan bernada 'B',
Senar ke 1(senar yang paling tipis) akan bernada 'High E'.
Nah sekarang dengan menggunakan Tuner kamu dapat menyesuaikan agar senar kamu menghasilkan nada E A D G B E sesuai panduan umum diatas.
  1. Nyalakan Tuner
  2. Jepitkan (kalau yang mode jepit) atau dekatkan(kalau yang gak ada jepitan) dengan lubang suara gitar
  3. Bunyikan senar nomor 6 (senar yang paling tebal), lihat nada dilayar Tuner, pastikan nada nya adalah nada 'E'
  4. Jika tidak muncul nada 'E', maka kamu putar puteran yang ada di ujung kepala gitar/tuning keys pelan-pelan. Mungkin kamu bertanya harus puter kemana ? :D, intinya gini, kalau nada nya kerendahan kamu puter searah jarum jam untuk menaikkan nada dan sebaliknya. Ingat puternya pelan-pelan aja trus coba lagi bunyikan dan lihat nada yang muncul di layar tuner. Inget puternya pelan-pelan sekaliiiiiiiii.....takutnya malah putus senarnya .....Taunya gimana kalo nadanya kerendahan atau ketinggian ? :D , sebenarnya ada teorinya, hanya saja untuk saat ini kamu bisa menggunakan feeling saja dulu,
  5. Lakukan hal yang sama untuk senar 5,4,3,2,dan senar 1. Tentunya kalau senar 5 nada yang seharusnya muncul adalah nada 'A', dan seterusnya sesuai E(senar 6) A(senar 5) D(senar 4) G(senar 3) B(senar 2) E(senar 1) tadi.

Dengan Menggunakan Feeling
Selain dengan menggunakan Tuner, kamu juga bisa men-stem dengan menggunakan feeling. Berikutnya saja ya, nantikan diartikel berikutnya .
Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment