"Terkadang hal-hal sederhana seperti senyuman,sapaan 'halo' itu jauh lebih baik daripada "idealisme-idealisme rohani" yang orientasinya adalah diri sendiri,punya maksud-maksud tertentu,tanpa/minim kasih dan yang tidak pernah di aplikasikan sehingga orang lain bosan & muak mendengarnya"

Tuesday, June 11, 2013

Mengenai SEO (Search Engine Optimizer)

Apa itu SEO ?
SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimizer. SEO bertujuan agar website kita dapat terindeks dengan baik oleh search engine bila perlu berada diranking page nomor 1..search engine apa saja ?tentunya kalau bisa terindeks disemua search engine.
Contoh kalau kita mengetikkan keyword "kasih masih ada" digoogle maka kita akan mendapati ranking pencarian dari web ini berada di halaman kedua dengan menggunakan google.
Singkatnya, inilah tujuan dari SEO.









Memulai pengaturan SEO
Catatan penting bahwa langkah-langkah ini menurut pengalaman penulis, gunakan sebagai acuan, jangan ditelan mentah-mentah tapi cari bahan perbandingan karena yang tertulis disini hanya ringkasannya dan masih jauh dari detail.
Oke tanpa basa basi lagi, mari kita mulai hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan untuk pengaturan SEO :
Pengaturan META TAGS
Pengaturan meta tags berguna untuk menentukan keyword apa yang akan anda gunakan untuk mendeskripsikan isi website anda. Keywords ini yang akan anda gunakan nantinya untuk mencari/menemukan web anda melalui search engine. 
Hati-hatilah dalam menentukan keywords ini. Contoh keywords yang saya gunakan untuk blog ini adalah sbb.

Pengaturan PAGE TITLE Ini adalah untuk menentukan judul dari website anda. Judul yang telah anda tentukan disini akan muncul dalam pencarian oleh search engine (lihat gambar diatas). Gunakan judul yang tepat yang mewakili konten dari website anda. contoh :

Pengaturan ALT TAGS Pengaturan tag ALT, berguna untuk pencarian image melalui search engine, juga berguna untuk apabila koneksi internet sedang lambat, maka alternatif keterangan akan muncul sesuai yang diset pada alt tags.
Peletakan KEYWORDS 
Semakin sering konten website anda menggunakan keyword-keyword yang telah anda tentukan melalui META TAGS, maka akan semakin baik. Namun tentunya jangan diulang-ulang dengan sengaja, malah google akan menganggap itu sebagai SPAM. 

Temukan BACKLINK
Intinya adalah , sebisa mungkin anda mencari website lain yang peringkatnya diatas anda, kemudian anda upayakan agar link ke website anda dipasang disitu. Misalkan kalau anda punya teman yang sudah punya blog/website dengan peringkat tinggi, nah anda bisa minta tolong agar dipasangkan link yang menuju ke website anda. Cara ini sangat ampuh untuk menaikkan peringkat website anda.
Google WEBMASTER Tool
Untuk masuk ke Google Webmaster Tool, anda dapat login ke sini .
Anda dapat mengelola website anda disini. Sebelumnya anda harus add website dulu(APABILA anda tidak menggunakan blogger) , kemudian nanti akan ada proses verifikasi, ikuti saja langkah-langkahnya.
Oke, kemudian sekarang apa yang dapat dilakukan dalam hubungannya dengan SEO disini :
  1. Upload SITEMAP anda di Optimization - Sitemap, apabila anda menggunakan blogger, maka anda tinggal menambahkan sitemap anda yaitu "/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500".  Apabila anda TIDAK menggunakan blogger, maka anda harus upload file sitemap.xml di root public_html anda, untuk generate sitemap anda dapat menggunakan free tools seperti disini
  2. Submit URL anda untuk di-fetch oleh Google. Caranya dibagian menu Health, pilih Fetch As Google, kemudian masukkan semua URL anda.
BING WEBMASTER Tool
Untuk masuk ke BING Webmaster Tool, anda dapat login ke sini
Anda dapat mengelola website anda disini. Sebelumnya anda harus add website dulu(APABILA anda tidak menggunakan blogger) , kemudian nanti akan ada proses verifikasi, ikuti saja langkah-langkahnya.
Oke, kemudian sekarang apa yang dapat dilakukan dalam hubungannya dengan SEO disini :
  1. Upload SITEMAP anda di Dashboard - Configure My Site - Sitemaps, apabila anda menggunakan blogger, maka anda tinggal menambahkan sitemap anda yaitu "/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500".  Apabila anda TIDAK menggunakan blogger, maka anda harus upload file sitemap.xml di root public_html anda, untuk generate sitemap anda dapat menggunakan free tools seperti disini
  2. Submit URL anda untuk di-fetch oleh BING. Caranya dibagian menu Diagnostic & Tools, pilih Fetch As Bingbot, kemudian masukkan semua URL anda.
  3. Submit URL anda di menu Dashboard - Configure My Site - Submit URLS
SUBMIT URL anda disini :
  1. https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url
  2. http://www.bing.com/toolbox/submit-site-url
Hanya sebagai Tambahan, Submit URL anda disini :
  1. http://www.blogcatalog.com/blogs/submit_blog.html
  2. http://www.blogratedirectory.com/Dir/Religion.php
  3. http://blog-indonesia.com/submit.php
  4. http://www.kampungblog.com/index.php?a=page&id=FAQ
  5. http://www.blogrankers.com/index.php?register
  6. http://dir.blogflux.com/
  7. http://www.sitemeter.com/default.asp
  8. http://www.blogtoplist.com/religion/

No comments:

Post a Comment