"Terkadang hal-hal sederhana seperti senyuman,sapaan 'halo' itu jauh lebih baik daripada "idealisme-idealisme rohani" yang orientasinya adalah diri sendiri,punya maksud-maksud tertentu,tanpa/minim kasih dan yang tidak pernah di aplikasikan sehingga orang lain bosan & muak mendengarnya"

Sunday, June 9, 2013

Mengenal Microsoft Sky Drive


Apa itu Microsoft Sky Drive ?
Pasti anda sudah tidak asing mendengar istilah Cloud Storage, ya Cloud Storage adalah layanan penyimpanan data secara online. Data anda akan tersimpan langsung di server layanan online tersebut, dan anda dapat mengakses data tersebut dari mana saja(laptop,tablet,PC,smartphone, dan lain lain) selama tentu saja anda harus punya akses internet. Data apa saja bisa anda share seperti dokumen,foto,dan data anda lainnya.


Apa Manfaatnya ?
Apa manfaat dari layanan penyimpanan online tersebut? 

  1. Kita bisa menyimpan data-data kita secara online(analoginya seperti kita memiliki hardisk online) dengan kapasitas yang sangat besar untuk ukuran internet (untuk Microsoft Sky Drive, kita diberi kapasitas sebesar 7GB free sampai dengan artikel ini ditulis)
  2. Kita bisa melakukan sharing data-data tersebut dengan device kita yang lain
  3. Kita bisa melakukan sharing data tersebut ke orang lain yang kita inginkan
  4. Mudah melakukan pengelolaan data seperti upload,download,copy,delete,edit, dan lain lain semudah kita melakukan pengelolaan data secara offline
  5. Untuk Microsoft Sky Drive, kita juga dapat menggunakan aplikasi MS Office secara online (sudah termasuk dalam Sky Drive)

  Layanan aplikasi Cloud Storage tersebut ada beberapa seperti :
  1. Google Drive
  2. Dropbox
  3. Microsoft Sky Drive
Memulai Microsoft Sky Drive
Sekarang saya ambil contoh untuk kita mengunakan Microsoft Sky Drive. Pertama-tama kita harus mendownload aplikasi Sky Drive, download disini.
Setelah itu kita install seperti biasa, setelah selesai, kita akan diminta untuk membuat user account untuk dapat menggunakan aplikasi, apabila anda sudah punya microsoft account seperti hotmail, skype, windows live, atau yang lainnya,maka gunakan saja salah satu dari account tersebut tidak perlu membuat lagi.

Nah, setelah kita login(hanya untuk pertama kali saja), kita akan dapat melihat direktori Sky Drive, direktori inilah yang menjadi "hardisk online" kita. Data apa saja yang ingin kita simpan secara online kita letakkan didalam direktori tersebut.

















Mengelola Data,Sharing Files
Nah, kemudian untuk melakukan pengelolaan data , klik kanan pada file / folder (tentu saja didalam direktori Sky Drive ). Kita dapat melakukan :
  1. Share file/folder tersebut ke orang lain
  2. Mengelola file tersebut secara online (Sky Drive)













Dibawah ini contoh kalau kita mau melakukan share data kita ke orang lain, caranya adalah klik kanan pada folder Sky Drive, maka akan muncul tampilan seperti dibawah (link data kita akan dikirim ke orang lain yang kita ingin share lewat email).










Begitulah sedikit informasi yang bisa saya bagikan. 
Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment