"Terkadang hal-hal sederhana seperti senyuman,sapaan 'halo' itu jauh lebih baik daripada "idealisme-idealisme rohani" yang orientasinya adalah diri sendiri,punya maksud-maksud tertentu,tanpa/minim kasih dan yang tidak pernah di aplikasikan sehingga orang lain bosan & muak mendengarnya"

Thursday, July 4, 2013

JANGAN PANIK ketika Windows gagal start

Hi,
Seperti yang kita tahu, bahwa saat ini pengguna OS terbesar untuk laptop/PC masih dikuasai oleh Windows, yaitu sekitar +-50% dari total semua OS yang ada saat ini. Namun pernahkah kalian mengalami "shock" yaitu tidak bisa masuk windows ? hahaha....pasti hampir semua pengguna Windows tentunya pernah mengalami hal yang sama.
Apakah kalian merasa panik ? tentu saja, saya pun panik apabila tiba-tiba windowsnya rewel apalagi tidak bisa masuk windows.
Wajar saja apalagi, yang belum melakukan backup data, hehe...pasti akan kalang kabut.
Lalu bagaimana solusi apabila kita mengalami windows rewel tidak bisa masuk windows saat booting ? Disini saya akan membagikan pengalaman saya ketika saya mengalami hal tersebut, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menyelamatkan Windows anda, yaitu :

1.Jangan Panik
Pertama adalah berusaha untuk jangan panik, karena apabila kita panik, maka kita biasanya tidak dapat berpikir dengan jernih. Baca langkah-langkah dibawah ini dengan teliti, dan jalankan sesuai urutannya. Ingat, penting sekali adalah untuk menjalankan langkah-langkah dibawah ini sesuai dengan urutan.
Setiap kali telah selesai mencoba satu langkah, kemudian coba lagi login ke windows, jika masih belum bisa masuk ke windows, atau bisa masuk namun Anda merasa masih ada yang kurang beres, maka coba jalankan lagi langkah berikutnya.

2.Safe Mode
Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah masuk ke dalam safe mode. Anda dapat melakukannya dengan menekan F8 saat komputer restart, dan setelah bunyi "beep" pertama kali keluar. Apabila benar maka akan muncul layar seperti dibawah ini.














Anda pilih safe mode, kemudian windows akan start ke dalam safe mode, disini kemudian anda lakukan beberapa hal seperti dibawah ini (Ingat, lakukan langkah-langkah dibawah ini melalui safe mode) :
  1. Aktifkan Diagnostic Startup
  2. Tekan tombol "start", kemudian ketikkan "msconfig",kemudian akan muncul layar "System Configuration", lalu dibagian "Startup Selection" anda pilih "Diagnostic Startup". Diagnostic Startup ini hanya akan mengaktifkan basic drivers & services.
  3. Non Aktifkan semua Services selain Microsoft Services  
  4. Tekan tombol "start", kemudian ketikkan "msconfig",kemudian akan muncul layar "System Configuration", lalu dibagian tab "Services" anda centang "Hide all microsoft services", kemudian anda pilih "Disable All". Artinya anda akan mematikan semua services selain microsoft services.
  5. Disk Cleanup
  6. Accesories - System Tools - Disk Cleanup. Tool ini akan membersihkan semua "data sampah yang ada termasuk data sampah Internet, Recycle Bins, dan sebagainya. Alternatif lain, anda dapat menggunakan software lain seperti CCleaner. CCleaner ini selain mampu membersihkan data sampah, juga mampu untuk melakukan pengecekan Windows Registry.
  7. Virus/Malware Scan
  8. Segera lakukan pengecekan komputer anda terhadap virus/malware, anda dapat menggunakan antivirus seperti AVG Internet Security, MalwareBytes Anti Malware, McAfee Avert Stinger(portable tanpa perlu anda install).Ingat, kebanyakan masalah yang dihadapi ketika windows bermasalah seperti gagal start adalah akibat malware/virus.
  9. Check Disk
  10. Segera lakukan pengecekan terhadap kondisi files data dan harddisk anda, melalui command prompt, ketikkan "chkdsk /f /r /b". Perintah ini akan melakukan pengecekan terhadap kondisi harddisk anda, dan apabila ditemukan "bad sectors", maka tools ini akan melakukan "repair" otomatis.
3.System Recovery Tools
Langkah berikutnya adalah, anda masuk ke System Recovery Tools. Caranya adalah sama seperti anda masuk ke safe mode, yaitu dengan menekan F8 saat komputer restart, dan setelah bunyi "beep" pertama kali keluar. Apabila benar maka akan muncul layar seperti dibawah ini. 


Anda pilih "Repair Your Computer" (seperti gambar disebelah kiri atas). lalu akan muncul layar seperti digambar sebelah kanan atas. Kemudian anda pilih "Startup Repair", kemudian ikuti langkah-langkahnya maka otomatis akan dilakukan pengecekan terhadap masalah startup dan otomatis melakukan repair.


Seperti yang anda lihat, terdapat beberapa options disini, namun yang paling sering digunakan adalah "Startup Repair", dan jika anda mau, anda bisa menjalankan "Command Prompt" disini, lalu lakukan :
  1. Check Disk, ketikkan "chkdsk /f /r /b". Penjelasan sama seperti diatas.
  2. System File Checker Tools, ketikkan "sfc /scannow". System File Checker akan melakukan pengecekan terhadap system files, dan akan mereplaced dengan yang file baru apabila ditemukan masalah.
4.Manual Repair Windows Boot Loader  (Usaha Terakhir)
Apabila semua langkah diatas sudah anda coba dan masih saja belum bisa masuk ke windows, maka mungkin anda perlu mencoba langkah terakhir ini. Catatan penting : sebelum menjalankan perintah ini, anda harus terlebih dahulu menjalankan langkah-langkah diatas dan gunakan langkah dibawah ini APABILA masih belum bisa.
Untuk menjalankannya, anda bisa melalui "Command Prompt" safe mode, lalu ketikkan :
bootrec /fixmbr
bootrec /fixboot

5.Re-Install Windows
Masih belum bisa juga ? hehe... masih ada langkah terakhir yang dapat anda lakukan, yaitu Reinstall windows anda. Jangan lupa backup dulu data anda.
Bagaimana untuk melakukan re-install windows dan langkah-langkah apa saja yang harus disiapkan, termasuk pentingnya mem-partisi harddisk anda ? nantikan diartikel berikutnya. :)


Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment